Yamaha NMAX Turbo

Yamaha NMAX Turbo yang baru diluncurkan mengalami beberapa perubahan signifikan dibandingkan dengan model sebelumnya. Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah diperkenalkannya teknologi baru Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT). Dengan teknologi YECVT ini, fungsi roller pada CVT konvensional tidak lagi diperlukan. Proses penggerakan puli primer digantikan oleh motor penggerak sehingga perpindahan transmisi dapat diatur sesuai dengan keinginan pengendara. Karena fungsi roller digantikan oleh komponen elektronik, cara kerja CVT menjadi lebih fleksibel, yang pada akhirnya meningkatkan akselerasi secara instan. Sebagaimana diketahui, roller merupakan komponen bergerak yang terletak di dalam puli depan CVT motor matik. Biasanya, roller memiliki berat antara 8 gram hingga 18 gram, tergantung pada jenis motor.

Banyak pengguna motor matik yang mengganti roller dengan ukuran yang lebih ringan untuk membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif. Meski tidak lagi menggunakan roller, Yoga Ningrat, pemilik bengkel spesialis skutik Yoga Motoshop, menyatakan bahwa sistem CVT pada NMAX Turbo masih dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengendara.

Selain teknologi YECVT, perubahan lain pada NMAX Turbo mencakup peningkatan performa mesin dan desain yang lebih aerodinamis. Mesin yang lebih bertenaga membuat pengalaman berkendara menjadi lebih dinamis dan menyenangkan. Desain aerodinamis juga membantu dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar dan stabilitas saat berkendara pada kecepatan tinggi.

Teknologi yang diterapkan pada NMAX Turbo tidak hanya meningkatkan performa, tetapi juga kenyamanan berkendara. Suspensi yang ditingkatkan dan fitur-fitur tambahan seperti sistem pengereman yang lebih baik, membuat motor ini menjadi pilihan yang menarik bagi pengendara yang menginginkan keseimbangan antara kecepatan, kenyamanan, dan efisiensi.

Dengan semua pembaruan ini, Yamaha NMAX Turbo berhasil menjadi inovasi yang signifikan dalam dunia motor skutik. Inovasi ini tidak hanya menjawab kebutuhan pasar akan motor yang lebih cepat dan responsif, tetapi juga memberikan solusi praktis untuk pengendara yang menginginkan performa tinggi tanpa mengorbankan kenyamanan dan efisiensi. Yoga Ningrat menambahkan bahwa dengan teknologi baru ini, potensi modifikasi masih sangat luas, memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan motor sesuai dengan preferensi mereka.